Halo para fans...
Saya mau berbagi sedikit nih tentang bagaimana sih caranya membuat Daftar Pustaka atau Bibliography di Google Docs. Nah untuk membuat daftar pustaka ini kita perlu menambahkan sebuah tools di dalam Google Document kita, ga ribet kok,, ga harus bikin script yang macem-macem kita cuma tinggal klik terus cari toolsnya terus di klik tambahkan deh, sudah gitu doang kok caranya. Tools yang kita pakai untuk membuat bibliography ini bernama "EasyBib Bibliography Creator", format daftar pustaka yang ada pada tools ini ialah APA, MLA dan Style Chicago. Nah untuk lebih jelasnya temen-temen bisa ikuti step by step untuk membuat daftar pustaka, yuk cekidotttt
Step 1 :
Temen-temen buka Google Documentnya temen-temen , terus pada toolbar temen-temen cari tulisan add-ons, nah terus temen-temen klik tulisan "Get add-ons". Seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
Step 2 :
Setelah temen-temen klik tulisan "Get add-ons" tadi , akan ada muncul pop-up add-ons yang berisi macam-macam tools yang ada di "add-ons" nah selanjutnya temen ketikkan "Bibliography" di kotak search yang berada pada pojok kanan atas pada bagian pop-up add-ons. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
Step 3 :
Pada step 3 , seteleh temen-temen mengetikkan keyword toolsnya , akan muncul pilihan tools bibliography, nah di sini temen-temen pilih bibliography milik EasyBib, karena seperti di awal saya katakan tadi disini kita menggunakan tools bibliography milik EasyBib. Nah seteleh ketemu , temen-temen klik button +free yang berada di sebelah kanan tools. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini :
Step 4 :
Nah setelah tombol +Free itu di klik, akan muncul pop up pesan untuk melakukan persetujuan untuk di pasangi tools bibliography ini pada Google Documentnya temen-temen. Nah pada bagian ini temen-temen hanya klik tombol accept saja. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
Step 5 :
Nah setelah tombol accept tadi di klik , temen-temen perlu menunggu beberapa detik karena pada proses ini tools yang tadi kita tambahkan melakukan proses sinkron dengan Google docsnya temen-temen. Nah untuk mengecek apakah tools yang tadi kita tambahkan itu sudah ada dalam Google Document kita atau belum , temen-temen klik add-ons pada toolbar lalu lihat apakah EasyBib Bibliography ada atau tidak. Nah setelah itu barulah kita mencoba membuat Daftar pustakanya , untuk membuat daftar pustakanya temen-temen klik manage Bibliography. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
Step 6
Gimana temen-temen masih betah kan ? stepnya tinggal dikit kok, jadi tetep enjoy ya , hehehehe. Oke kita lanjut, nah untuk tahap 6 ini ketika temen-temen klik manage Bibliography akan muncul "Cite a Source" di sebelah kanan layar Google Docs. Nah di sini ada 2 bagian yang perlu di perhatikan , pada bagian atas itu merupakan bagian kita memilih referensi dari mana yang kita ambil seperti dari jurnal , buku atau website. Untuk bagian yang kedua itu untuk memasukkan nama , judul buku, alamat website yang kita jadikan sebagai sumber. Untuk lebih detailnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini :
Step 7
Pada tahap ini kita akan mencoba untuk melakukan penambahan sumber yang kita pakai, pada kali ini penulis menggunakan contoh referensi di ambil dari website untuk itu silahkan masukkan alamat website yang di jadikan sebagai refensi di kotak search tersebut, setelah itu temen-temen klik tombol search. Setelah tombol search di pilih , pada bagian bawah akan muncul hasil dari pencarian yang kita ketik tadi, nah selanjutnya temen-temen klik tombol select. Seperti gambar di bawah ini :
Step 8
Setelah panjang lebar saya bercerita dan berpidato akhirnya kita sampai pada penghujung acara , waduh kok kayak acara acara event gini .. hahaha ayo semangat temen-temen ini step terakhir, hahaha. Oke untuk tahap ini , setelah temen klik tombol select tadi akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :
nah pada gambar di atas ada bagian yang saya lingkari dengan warna orange dan blue. Untuk lingkaran yang biru itu adalah bagian dimana kita memilih format untuk daftar pustaka kita, sedangkan untuk lingkaran yang biru itu ialah bagian dimana setelah kita memilih format apa yang sesuai baru kita klik tombol yang ada di dalam lingkaran biru itu.
Akhirnya setelah proses yang panjang tadi , kita berhasil membuat daftar pustaka di Google Docs. Untuk daftar pustaka akan muncul otomatis di bagian paling bawah. Untuk daftar pustaka kurang lebih akan tampil seperti gambar di bawah ini :
Terimakasih untuk para pembaca yang udah meluangkan waktunya untuk membaca postingan saya ini, semoga postingan saya ini dapat memberikan ilmu tambahan kepada teman-teman dan juga dapat membantu teman-teman semua.
Sumber : http://www.freetech4teachers.com/2014/03/how-to-create-bibliography-in-google.html
Sumber : http://www.freetech4teachers.com/2014/03/how-to-create-bibliography-in-google.html
0 komentar:
Posting Komentar